RSS
Facebook
Twitter

Selasa, 07 Mei 2013



Bab I
 Pendahuluan

1.    Latar Belakang
Arthropoda adalah filum yang paling besar dalam dunia hewan dan mencakup serangga, laba-laba, udang, lipang dan hewan sejenis lainnya. Arthropoda adalah nama lain hewan berbuku-buku. Arthropoda biasa ditemukan di laut, air tawar, darat, dan lingkungan udara, termasuk berbagai bentuk simbiosis dan parasit. Hampir dari 90% dari seluruh jenis hewan yang diketahui orang adalah Arthropoda. Arthropoda memiliki beberapa karakteristik yang membedakan dengan filum yang lain yaitu : Tubuh bersegmen; segmen biasanya bersatu menjadi dua atau tiga daerah yang jelas, anggota tubuh bersegmen berpasangan (Asal penamaan Arthropoda), simetri bilateral, eksoskeleton berkitin; secara berkala mengalir dan diperbaharui sebagai pertumbuhan hewan, ekskresi melintas keluar lewat anus, respirasi dengan insang atau trakhea dan spirakel, tidak ada silia atau nefridia.

2.    Tujuan
   Menggelompokkan hewan Arthopoda yang termasuk kelompok Arachnoidea, Myriapoda, Crustacea, dan Insecta .

3.    Alat dan Bahan
1 . Cawan Petri
2 . Pinset
3 . Lup
4 . Hewan – hewan Arthopoda
4.    Cara Kerja
1 . Bawalah beberapa hewan yang termasuk kelompok Arthopoda .
2 . Amatilah hewan – hewan tersebut
3 . Lalu tuliskan di tabel apa saja ciri – ciri dari hewan tersebut dan termasuk ke dalam kelas mana .




Bab II
Pembahasan

1.    Tabel Hasil Pengamatan

No    Letak Perbedaan    Jenis Hewan
        Kupu - Kupu    Belalang    Udang    Kepiting    Laba - laba    Luwing    Capung
1.    Struktur Tubuh    Cepalotoraks, abdomen    Cepalopoda,
toraks,
abdomen    Cepalopoda toraks, abdomen    Cepalopoda toraks, abdomen    Cepalopoda, toraks, abdomen    Cepalopoda, toraks, abdomen    Cepalopoda toraks, abdomen
2.    Jumlah Kaki    2 pasang    3 pasang    4 Pasang    4 Pasang    4 Pasang    325 Pasang    3 Pasang
3.    Habitat    Darat    Darat    Air    Air    Darat    Darat    Darat
4.    Sayap    1 pasang    3 Pasang    ------------    -------------    -------------    -------------    2 Pasang
5.    Mata    Mata paset    Mata paset    Mata paset    Aselus    Aselus    Oseli     Mata Paset
6.    Kerapaks    -------------    ------------    Ada    Ada    -------------    -------------    ------------
7.    Pedipalpus    ------------    ------------    ------------    Ada    -------------    -------------    ------------
8.    Antena    1 pasang    1 Pasang    2 Pasang    -------------    -------------    -------------    ------------
9.    Kelas    Insecta    Insecta    Crustacea    Crustacea    Arachnoidea    Myriapoda    Insecta






2.Pertanyaan
1 .  Apa ciri khas masing – masing kelas hewan yang     kamu amati ?
2 .  Setelah mengetahui ciri khas setiap kelas, coba     buatlah kunci    identifikasi sederhana untuk     menunjukkan ciri – ciri setiap kelas ?
3 . Apa peran hewan – hewan yang kamu amati bagi     manusia, baik secara langsung maupun tidak     langsung ?

3.    Jawaban
1 . a. Insecta : memiliki mata paset, memiliki antenna, memiliki sayap
     b. Crustacea : ada yang memiliki mata paset dan aselus, memiliki kerapaks,
         bentuk tubuh terpisah
     c. Arachnoidea : memiliki mata aselus, bentuk tubuh terpisah,
     d. Myriapoda : memiliki mata oseli, bentuk tubuh terpisah

2 . Kunci Determinasi/klasifikasi
1.a.Sistem saraf berupa sistem tangga tali dan memiliki mata majemuk………….…2
    b.Sistem saraf berupa sistem tangga tali dan memiliki mata tunggal………..…….2
2.a.Bernafas dengan paru-paru…………………………………………………………………….…...3
    b.bernafas bukan dengan paru-paru……………………………………………………………….4
3.a.memiliki kelisera…………………………………………………………………………………….….…6
    b.tidak memiliki kelisera………………………………………………………………………………...4
4.a.Bernafas dengan insang…………………………………………………………………………….…7
    b.Bernafas dengan trakea berspirakel…………………………………………………………….5
5. a.melalui fase larva…………………………………..……………………………………………………7
    b.tidak melalui fase larva………………………………………………………………………….……6
6.a.Memiliki 4 pasang kaki………………………………………………………………………………...9
    b.Bukan seperti ciri yang(a)……………………………………………………………………….…..7
7.a.kaki satu pasang per ruas…………………………………………………………………………….8
    b.Kaki tiga pasang…………………………………………………………………………………….…….8
8.a.antena terdiri dari 2 pasang………………..…………………………………………………….…9
    b.antena terdiri dari 1 pasang…………………………………………………………………….....11
9.a.tubuh memiliki 6 pasang alat tubuh(kelisera,pedipalpus,dan 4 pasang kaki).10
    b.tidak seperti ciri(a)………………………………………………………………………………………11
10.a.Tubuh terdiri atas sefalotolaks dan perut…………………………….kelas Arachnida
      b.Tubuh terdiri hanya sefalotolaks………………………………………… kelas Arachnida
11.a.Disebut dengan kelompok udang-udangan…………………………..kelas Crustacea
      b.bukan kelompok udang-udangan………………………………………………………………12
12.a.reproduksi secara seksual………………………………………………………………………….13
      b.reproduksi secara aseksual……………………………………………………………………….14
13.a.Memiliki 1 lubang kelamin di ujung abdomen……………………………………………14
      b.Memiliki 1 lubang kelamin yaitu di ujung abdomen/di ruas dekat kepala….14
14.a.terdapat 3 sistem metamorfosis,holometabola,hemimetabola,dan       metabola…………….  Hexapoda/insect
      b.Bukan seperti cili a…………………………………………………………………………………….15
15.a.merupakan hewan yang memiliki banyak kaki………………………kelas myriapoda
      b.merupakan hewan berkaki sedikit/tidak berkaki                       kelas myriapoda

3 . Sebagai sumber bahan makanan contohnya, belalang, udang, kepiting . membantu penyerbukan pada bunga contohnya, kupu – kupu . Bahan industry kain sutera, pupa kupu – kupu sutera .
























4.    Lampiran Gambar
1 . Kupu – kupu                        2 . Udang
                     

3 . Kepiting                            4 . Belalang
                

5 . Laba – laba                        6 . Capung
                     

7 . Luwing
    


Bab III
Kesimpulan dan Saran

1.    Kesimpulan
    Kesimpulan dari percobaan di atas adalah : Arthopoda terbagi menjadi 4 kelas, yaitu : Insecta, Crustacea, Myriapoda, Arachnoidea . Dan setiap kelas memiliki ciri-ciri  masing – masing yang berbeda .setiap hewan memiliki ciri khusus yang tampak dari

2.    Saran
    Saran dari kami adalah ketika melakukan percobaan hendaknya alatnya lebih lengkap dan hewan – hewan yang akan di analisis lebih banyak lagi, sehingga perbedaan yang di dapat dikenali lebih banyak lagi .dalam percobaan ini diharapkan kami dapat menentukan macam-macam anthropoda
Laporan Praktikum Biologi
‘Arthopoda’

Disusun Oleh :
1.    Restu Sri Rahayu
2.    Eki Saputra
3.    Shintia Anggini
4.    Yuliani dwi Savitri
5.    Cendy Nabella

Kelas : X.1

SMA N 02 Prabumulih
T.A 2012/2013
Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar